Perbedaan Antara Danau dan Laguna

Apa itu Danau?

Sebuah danau adalah badan air yang biasanya terkurung daratan dan ada di mana tingkat di mana air dikosongkan ke dalam depresi lebih besar dari tingkat di mana air dikeluarkan. Danau sangat bervariasi dalam ukuran dan dapat berupa air tawar atau air asin. Danau dapat diklasifikasikan berdasarkan usia dan cara pembentukannya

Apa jenis danau?

Danau dapat terbentuk sebagai akibat dari glasiasi, vulkanisme, tektonik, dan bahkan longsor. Danau juga dapat diciptakan oleh aktivitas manusia dan hewan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis danau yang paling umum.

Danau gletser

Danau gletser terbentuk saat gletser bergerak melintasi lanskap dan menciptakan fitur yang dapat terisi air. Contoh danau gletser termasuk Danau Agassiz yang sekarang sudah punah di Amerika Utara, yang ada antara sekitar 11.700 tahun yang lalu dan hingga akhir 7.500 tahun yang lalu. Danau Agassiz meliputi wilayah yang, pada titik yang berbeda dalam evolusinya, meliputi bagian dari negara bagian Amerika Utara Dakota dan Minnesota dan provinsi Kanada Manitoba, Ontario, dan Saskatchewan, meskipun tidak sekaligus. Contoh lain adalah wilayah Great Lakes antara Kanada tenggara dan Amerika Serikat bagian timur laut.

Danau vulkanik

Danau juga dapat terbentuk dari runtuhnya struktur vulkanik. Beberapa danau akan terbentuk ketika ruang magma yang kosong runtuh, meninggalkan depresi seperti kawah yang disebut kaldera. Kaldera dapat menjadi air yang terisi dari waktu ke waktu karena curah hujan, menghasilkan badan air yang terkurung daratan. Danau kawah vulkanik umum terjadi di daerah yang aktif secara vulkanik, seperti pantai Pasifik barat laut Amerika Serikat. Danau vulkanik juga dapat terbentuk di tabung lava yang runtuh di mana atap saluran lava telah terbuka, menciptakan depresi yang dapat diisi dengan air.

Cekungan danau tektonik

Cekungan danau juga dapat terbentuk dari graben yang dibuat oleh patahan. Cekungan tektonik ini dapat terisi air, menciptakan danau.

Danau yang dibuat oleh tanah longsor

Beberapa danau akan terbentuk ketika tanah longsor di lembah sungai menghambat aliran sungai, menciptakan bendungan alami. Tergantung pada dinamika sungai, bendungan ini dapat tersapu bersih dalam waktu singkat secara geologis, atau mungkin menjadi permanen.

Danau yang diciptakan secara budaya

Danau juga dapat dibuat oleh manusia yang membangun bendungan buatan untuk membuat waduk, atau untuk menyediakan tenaga hidroelektrik. Banyak danau kecil juga telah dibuat oleh bendungan berang-berang.

Evolusi danau

Danau memiliki umur dan akan berubah dalam urutan evolusi yang ditentukan oleh faktor-faktor yang mencakup tetapi tidak terbatas pada tingkat oksigen, pertumbuhan tanaman vaskular, dan pertumbuhan plankton. Danau dengan tingkat oksigen terlarut yang tinggi dan tingkat pertumbuhan tanaman vaskular dan plankton yang rendah dianggap oligotrofik, atau danau muda. Danau dengan tingkat oksigen terlarut yang rendah, tingkat pertumbuhan tanaman vaskular yang tinggi, dan tingkat pertumbuhan plankton yang tinggi dianggap sebagai danau eutrofik, atau danau tua. Danau yang berada di antara oligotrofik dan eutrofik disebut sebagai mesotrofik dan dianggap sebagai danau “setengah baya”.

Danau dan masyarakat manusia

Danau penting bagi manusia untuk rekreasi serta persediaan air. Aktivitas manusia di sekitar danau dapat mengganggu ekosistem danau. Limbah manusia dan industri dapat menyebabkan pencemaran dan pencemaran. Misalnya, limbah dan limpasan dari kegiatan perkotaan dan pertanian dapat menyebabkan masuknya kelebihan nitrat dan fosfat ke dalam danau, yang dapat menyebabkan berkembangnya alga. Mekarnya alga dapat berbahaya baik bagi organisme akuatik yang hidup di danau maupun bagi kesehatan manusia.

Apa itu Laguna?

Laguna adalah badan air yang terhubung ke badan air yang lebih besar. Dua jenis laguna utama adalah laguna pantai dan laguna atol. Laguna pesisir berbatasan dengan laut atau badan air besar lainnya dan biasanya terhubung ke badan air yang lebih besar melalui saluran masuk. Mereka biasanya akan lebih dangkal dari laguna atol dan dipisahkan dari laut oleh penghalang, seperti terumbu karang atau bank pasir. Laguna atol terbentuk dari pulau-pulau yang terendam dan terkikis di mana perairan yang relatif dalam sekarang dikelilingi oleh cincin pulau karang yang tumbuh dari pulau asli yang tenggelam. Atol bisa memakan waktu hingga 300.000 tahun untuk terbentuk.

Apakah laguna air tawar atau air asin?

Laguna dapat didominasi air tawar, sebagian besar air asin, atau di antara keduanya. Laguna yang cukup terlindung dari laut akan memiliki lebih banyak ekosistem air tawar. Laguna yang lebih terbuka ke laut, atau badan air asin besar lainnya, akan lebih payau dan memiliki lebih banyak ekosistem air asin.

Apakah laguna adalah kolam?

Kolam adalah badan air yang terkurung daratan yang biasanya lebih kecil dari danau. Karena beberapa laguna disebut juga danau, ada kemungkinan laguna dapat dianggap sebagai kolam jika cukup kecil dan cukup terlindung dari laut.

Apakah laguna berbahaya?

Laguna dapat terkontaminasi oleh racun. Mereka juga dapat berisi daerah berawa di mana nyamuk pembawa penyakit mungkin ada.

Manakah laguna terbesar di dunia?

Laguna terbesar di dunia adalah laguna atol Kwajalein di Kepulauan Marshall yang dikelilingi 90 pulau memiliki luas 1.722 kilometer persegi.

Persamaan antara danau dan laguna

Danau dan laguna adalah perairan yang setidaknya sebagian terpisah dari lautan. Mereka juga bisa menjadi air tawar dan terutama air asin.

Perbedaan antara danau dan laguna

Meskipun danau dan laguna serupa, mereka juga memiliki perbedaan penting. Ini termasuk yang berikut.

Danau biasanya terkurung daratan dan sepenuhnya terpisah dari laut dan badan air besar lainnya, sedangkan laguna selalu terhubung ke badan air yang lebih besar. Danau biasanya diklasifikasikan sebagai danau air tawar atau air asin, sedangkan laguna cenderung memiliki lebih banyak campuran lingkungan air tawar dan air asin. Danau umumnya lebih dalam dari laguna. Ekosistem laguna, terutama laguna atol, terkait erat dengan ekosistem laut, sedangkan ekosistem danau biasanya sepenuhnya terpisah dari ekosistem laut.

Danau vs. Laguna

Ringkasan

Danau adalah badan air yang terletak di suatu cekungan dimana jumlah air yang masuk ke dalam cekungan tersebut melebihi jumlah air yang dikeluarkan. Danau dapat terbentuk dari glasiasi, vulkanisme, aktivitas tektonik, dan karena tanah longsor yang membendung sungai di antara mode pembentukan lainnya. Danau juga dapat terbentuk dari aktivitas budaya manusia maupun non-manusia. Danau berevolusi dari memiliki jumlah oksigen terlarut yang tinggi dan jumlah kehidupan tumbuhan dan plankton vaskular yang rendah menjadi memiliki jumlah oksigen terlarut yang rendah dan jumlah kehidupan tanaman vaskular dan plankton yang tinggi dari waktu ke waktu. Laguna adalah badan air yang berdekatan dengan laut atau badan air besar lainnya. Ada laguna pantai dan laguna atol. Laguna atol terbentuk di tengah cincin pulau karang. Laguna dapat berupa air asin atau air tawar. Laguna biasanya tidak dianggap kolam, meskipun secara teknis laguna yang cukup kecil bisa menjadi kolam jika cukup terlindung dari laut. Laguna bisa berbahaya karena mengandung daerah rawa di mana penyakit atau racun mungkin ada. Danau dan laguna serupa karena keduanya merupakan perairan yang setidaknya sebagian terpisah dari lautan. Mereka juga bisa berupa air asin atau air tawar. Mereka berbeda karena danau biasanya terkurung daratan, diklasifikasikan sebagai air asin atau air tawar, lebih dalam dari laguna, dan ekosistem danau dianggap terpisah dari ekosistem laut. Laguna, di sisi lain, selalu setidaknya sebagian terhubung ke badan air yang lebih besar, dipahami sebagai campuran lingkungan air tawar dan air asin dan umumnya lebih dangkal daripada danau. Lebih jauh lagi, ekosistem laguna seringkali berhubungan erat dengan ekosistem laut.

Penulis: Caleb Strom M.Sc & B.Sc
Caleb Strom memiliki gelar B.SC. dalam ilmu bumi dari University of California San Diego dan saat ini menjadi mahasiswa pascasarjana dalam ilmu geologi di California State Polytechnic University Pomona. Dia telah melakukan penelitian ilmiah dalam ilmu planet di Scripps Institution of Oceanography dan astrophysics di Center for Astrophysics and Space Science di UC San Diego. Caleb Strom memiliki gelar B.Sc dalam Earth Sciences dari University of California San Diego dan saat ini dia seorang mahasiswa pascasarjana bekerja pada M.Sc. dalam ilmu geologi dari California State Polytechnic University, Pomona. Penelitian masternya adalah dalam ilmu planet dan ia telah berpartisipasi dalam penelitian yang dipublikasikan terkait dengan kosmokimia saat bekerja di Laboratorium Geokimia Isotop Scripps. Dia juga memiliki pengalaman dengan survei arkeologi, penggalian, dan koleksi. Keahliannya meliputi penginderaan jauh satelit, pemetaan geologi, penggalian dan survei arkeologi, dan spektroskopi massa.
Caleb juga telah menerbitkan artikel populer untuk majalah yang berkaitan dengan geologi, astronomi, arkeologi, antropologi, dan sejarah.

Posting terbaru oleh Caleb Strom (lihat semua)

: Jika Anda menyukai artikel ini atau situs kami. Tolong sebarkan beritanya. Bagikan dengan teman/keluarga Anda.

Mengutip
APA 7
Strom, C. (2021, September 4). Perbedaan Antara Danau dan Laguna. Perbedaan Antara Istilah dan Objek Serupa. http://www.differencebetween.net/science/nature/difference-between-lake-and-lagoon/.

MLA 8
Strom, Caleb. “Perbedaan Antara Danau dan Laguna.” Perbedaan Antara Istilah dan Objek Serupa, 4 September 2021, http://www.differencebetween.net/science/nature/difference-between-lake-and-lagoon/.

Add a Comment